Home Tips 7 Cara Memakai Sunscreen yang Benar

7 Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Salah satu skincare yang wajib digunakan adalah sunscreen. Berikut ini panduan 7 cara memakai sunscreen yang benar.

Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu skincare yang wajib digunakan untuk membuat kulit tetap aman di bawah sinar matahari. Tak hanya di wajah, sunscreen juga penting diaplikasikan di seluruh kulit, termasuk tangan dan kaki. Dengan demikian, risiko terkena kanker kulit dan penuaan dini akibat sinar matahari, termasuk keriput dan flek hitam bisa dicegah. Tapi, untuk mendapatkan manfaat sunscreen yang optimal, memang diperlukan cara memakai sunscreen yang benar.

Cara memakai sunscreen yang benar akan membuat fungsinya lebih efektif

Soalnya, tak semua orang benar-benar memahami seberapa pentingnya cara menggunakan sunscreen dengan benar. Bahkan orang dewasa pun masih sering bingung tentang seberapa banyak sunscreen yang harus digunakan, kapan harus memakainya, seberapa sering untuk mengaplikasikannya kembali, dan seterusnya.

Nah, biar nggak makin bingung, berikut 7 cara memakai sunscreen yang benar seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30

Pastikan sunscreen yang kamu pilih mencantumkan broad spectrum pada labelnya, yang artinya dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 15 untuk pemakaian sehari-hari. Namun jika kamu beraktivitas di bawah sinar matahari dalam waktu setidaknya lebih dari 2 jam, maka sunscreen yang kamu butuhkan idealnya adalah SPF 30 atau lebih tinggi. The American Academy of Dermatology merekomendasikan SPF 30 karena secara klinis terbukti sebagai perlindungan yang cukup untuk mengurangi efek merugikan dari sinar matahari.

2. Aplikasikan di seluruh kulit yang terpapar sinar matahari

Kanker kulit bisa muncul di bagian tubuh manapun, bahkan yang tidak terpapar sinar UV. Untuk pemakaian sehari-hari, sunscreen memang harus dioleskan ke wajah. Namun jangan lupakan area lain, seperti di ujung dan belakang telinga, kulit kepala, belakang leher, sekitar mata, dan bagian atas tangan dan kaki. Cara terbaik untuk memastikan area tersebut tidak terlupakan adalah mengoleskan sunscreen sebelum kamu berpakaian, lalu oleskan kembali ke semua kulit yang terpapar sinar matahari.

Selain itu, bibir, terutama bibir bawah, juga sangat rentan terhadap kanker kulit karena area tersebut juga terpapar sinar matahari setiap hari dan merupakan salah satu tempat paling umum untuk karsinoma sel basal dan sel skuamosa (salah satu jenis kanker kulit). Oleh karena itu, pilih lip balm atau sunscreen stick yang dirancang khusus untuk bibir dengan SPF 15 atau lebih tinggi. Pada poin ini kita jadi makin memahami ya kalau penggunaan sunscreen yang benar itu bukan cuma di kulit wajah saja, tapi sebisa mungkin di seluruh permukaan kulit tubuh kita.

Editorial Picks: Cara Memilih Sunscreen yang Benar Sesuai Jenis Kulit

3. Pakai sebanyak dua ruas jari

Untuk mencapai SPF yang tercantum pada kemasan sunscreen, kamu harus menggunakan sekitar 2 mg/cm persegi atau 2 cc/cm persegi. Ini setara dengan dua sendok makan jika kamu mengaplikasikan sunscreen untuk seluruh tubuh. Sedangkan untuk pemakaian di wajah, jumlahnya kira-kira sebesar koin. Masih bingung? Kamu bisa mengikuti ketentuan The Two Fingers atau Peraturan Dua Jari yakni menggunakan sunscreen sebanyak 1/4 sendok teh atau sepanjang dua ruas jari. Ketentuan ini dianggap cukup untuk melindungi wajah dan leher dari paparan sinar matahari.

Oya, jika kamu memakai sunscreen spray, jangan lupa untuk menyemprotkannya secara merata di wajah, namun jangan terlalu dekat dan hindari area mulut. Untuk menghindari risiko terhirup, para pakar merekomendasikan untuk menyemprotkannya terlebih dahulu pada tangan baru kemudian diaplikasikan pada wajah.

4. Menggunakan sunscreen 30 menit sebelum pergi

Praktik terbaik untuk menggunakan sunscreen yang benar adalah mengaplikasikan 15-30 menit sebelum ke luar rumah agar sunscreen dapat terserap merata di kulit. Terlebih bila jenis sunscreen yang kamu pilih adalah chemical sunscreen, perlu dioleskan 30 menit sebelum pergi ke luar ruangan agar bahan-bahan kimia yang terkandung dalam produk dapat terserap secara maksimal.

5. Ulangi setiap dua jam

Idealnya, sunscreen harus dioleskan kembali setiap dua jam, atau lebih sering jika kamu berenang atau berkeringat banyak. Bahkan saat mendung, sunscreen tetap harus diulangi pemakaiannya agar kulit lebih terlindungi dari risiko paparan sinar UVA dan UVB dari matahari. Cara menggunakan sunscreen yang satu ini nih yang masih sering terlewatkan. Benar begitu kan?

6. Ikuti instruksi yang tertera di produk sunscreen.

Setiap produk sunscreen yang ada di pasaran biasanya mencantumkan instruksi pemakaian pada kemasannya. Tak sekadar tertarik akan kemasannya yang menarik, penting juga untuk membaca dan memahami instruksi pemakaiannya supaya sunscreen bisa efektif melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Periksa pula label ingredients pada kemasan untuk mengetahui kandungan sunscreen yang harus dihindari, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

7. Sunscreen harus dipakai setiap hari!

Sunscreen is a must! Meski kamu sudah menjalankan penggunaan sunscreen di atas, penting juga untuk memahami bahwa sunscreen wajib dipakai setiap hari, baik di dalam atau di luar ruangan. Ya, meskipun kamu menghabiskan sebagian besar hari di dalam ruangan, paparan sinar UV yaitu UVA tetap dapat menembus kaca jendela di rumah.

Baca juga: Cerita di Balik Kolaborasi Avoskin dan BLP Beauty

Itu dia 7 cara memakai sunscreen yang benar. Dari 7 cara tersebut, mana sih yang selama ini masih terlewatkan oleh kamu?

Your Bag is Empty!